Rabu, 05 Agustus 2020

Blogging For Inspiring


     Banyak banget sih manfaat blogging alias ngeblog. Bisa untuk diri kita, juga yang membacanya. So, be inspiring.

By Nur Ida Zed


Foto Pinterest-WPKIND.Com

    

    Kalau ditanya kapan mulai ngeblog, sebenernya sudah mulai lama, beberapa tahun lalu. Karena memang suka nulis, punya background komunikasi yang diajari ilmunya, bahkan kerja juga di media yang berkaitan dengan dunia semacam blog, tulis menulis. Lalu pernah pause aja naik turun mood, kurang fokus jarang update dan mulai aktif lagi. Tepatnya  belajar lagi, karena hidup itu memang proses untuk terus belajar kan ya, hehe…

     Awalnya cuma sharing beberapa tulisan sendiri yang pernah publish di majalah, diremake dalam versi blog, lalu mulai berfikir dengan lebih update lagi sesantai mungkin, sehingga lebih ringan untuk dibaca dan bisa menginspirasi. Sederhana saja ya, tapi itulah yang kupikirkan. Dengan tag line: Sharing, Inspiring, Positive Thinking berharap dapat menambah manfaat buat diri sendiri, sukur-sukur juga buat yang mau membacanya. Karena ngeblog pada dasarnya musti sejalan dengan pikiran dan karakter kita ya.

 

     Banyak banget manfaat ngeblog yang dapat dirasakan.  Baik itu jangka pendek maupun jangka panjangnya.

     Sarana ekspresi diri dan bereksplorasi. Dengan ngeblog bisa berekspresi sesuai dengan diri kita, karena laman ini punya sendiri yang akan kita manage seperti apapun yang dimau, tanpa harus diedit dan direvisi oleh orang lain, bahkan oleh perusahaan atau publisher. Kalau sebagai redaktur di beberapa media,  bertanggung jawab untuk rubrik dan produksi saja. Berfikir tentang bagaimana membuat tema yang menarik dan lagi hit, hunting narasumber, interview untuk tulisan yang bagus. Tinggal ngarahin fotografer dan disaner grafis, lalu edit sana sini sebelum naik cetak atau upload, beres. Tapi ngeblog dituntut lebih mengerti dan langsung menangani segalanya sendiri, termasuk desain untuk template, foto bahkan promote dan mungkin nanti marketingnya juga untuk update blog bila ingin terus berkembang. Paket komplit deh pokoknya, dan ini pasti lebih menantang.

     Banyak teman dan komunitas seru. Senangnya ngeblog ini jadi punya lebih banyak teman dari elemen yang berbeda. Apalagi kalau ikutan komunitas sehingga bisa sharing dan tukar informasi. Di sini biasanya lebih berorientasi pada bagaimana berkarya, memilih konten, mensupport yang lain tanpa dibatasi dengan kondisi miskin kaya, atasan bawahan, tua maupun muda. Lebih pada bagaimana optimasi blog, semangat untuk tetap komit, konsisten dan hal yang bermanfaat lainnya.

     Belum lagi kalau ketemu saat gathering atau undangan dari pihak tertentu, sponsorship, misalnya. Karena sekarang ini blogger dan komunitasnya sudah banyak dilirik sebagai media promosi untuk strategi bisnis periklanan sebuah produk. Dengan maraknya komunitas blogger, akan lebih efektif menjangkau target dari beberapa sisi, karena pemaparan dari beberapa sudat pandang yang memiliki pembacanya sendiri.

   Gathering antar komunitas juga sering dilakukan untuk menambah manfaat sebagai networking dan saling melengkapi sebagai partner, bukan sebagai competitor atau saingan. Itulah yang disebut sebagai pertemanan yang menyenangkan. Seru karena tidak ada pretensi tertentu karena masing-masing blogger membawa benderanya untuk saling bersinergi. Semuanya begitu optimis, menyenangkan dan berfaedah.

     Sharing ilmu dan berbagi. Buat yang senang berbagi seperti saya, rasanya pas bila mengelola blog sendiri. Karena bisa saling berbagi ilmu dan menginspirasi. Bagi saya sekarang tak peduli dibaca ataupun tidak, hanya berbekal niat baik untuk saling berbagi dan melengkapi. Tak terlalu masalah dengan konten,  tapi  bagaimana memilih tamplate yang efektif untuk karakter blog kita. Rata-rata sesama blogger tidak pelit ilmu ketika ada yang ingin maju bersama. 

     Bersenang-senang. Blog bisa menjadi sarana bersenang-senang ya. Karena menulis  menjadi hal yang mengasikkan, hingga alur di pikiran yang tertuang mengalir begitu saja dengan passion yang muncul dari lubuk hati yang paling dalam. Saat menemukan moment menarik yang akan menjadi bahan tulisan rasanya senang dapat memperkaya konten kita. Begitupun saat bertemu dengan blogger lainnya, terasa hangat dengan saling sapa dan memberi komentar tentang isi tulisan, tampilan, optimasi dan semacanya.

 

      Sementara manfaat ngblog  jangka panjang juga banyak. Menurut saya tulisan yang berasal dari ide, buah pikiran, pendapat serta opini yang dipublish merupakan  jejak digital yang dapat terus dibaca sampai kapanpun. Artinya dengan  blogging karya kita dapat dinikmati dan bermanfaat sampai kapanpun, bahkan ketika kita sudah tiada. Amalan kebaikannya akan tetap terbawa dan dikenang selamanya.

     Ya. Ngeblog dapat menjadi sarana healing juga lho, apalagi di masa pandemi seperti ini.  Banyak yang dapat dikerjakan, termasuk update blog alias ngeblog.  Bayangkan saja, ngeblog dapat dilakukan tanpa mengenal senjang waktu, bahkan sampai tua nanti. Tidak seperti saat bekerja  kantoran yang dibatasi waktu dan kebijakan perusahaan, seringkali ketika sudah mencapai puncak karier harus rela untuk regenerasi. Sementara ngeblog tidak, makin update dan banyak disukai pembaca mungkin dapat menjadi investasi juga. Tak hanya dari sisi materi yang didapat langsung lewat blog, tapi personal branding yang muncul biasanya akan menyertai plus value yang bermuara pada profit lainnya.  Lihat saja banyak blogger yang sukses dan dapat terus berkarya tak kenal usia. Banyak juga orang sukses yang kemudian ngeblog karena ingin berbagi ilmunya.  

     Ngeblog dapat menjadi warisan untuk anak cucu sepanjang masa, karena dapat dibaca kelak di jaman mereka. Suatu kali ketika putri saya membaca blog saya dan berkata, “Aku mau ngeblog juga kayak Mama,” Saya ingin dia merasa bangga pada ibu yang telah mengandung dan melahirkannya. Saat inipun saya sedang menyiapkan semacam kisah yang sudah tertulis lama, semacam serial perjalanan kehidupan saya bersama mereka. Berharap dapat menjadi inspirasi atau sekedar menuangkan apalah itu namanya dalam sebuah karya. 

    Sebenarnyalah selain bisa dibaca sebagai manfaat yang dapat menginspirasi, blog juga dapat memberikan semangat bagi mereka, generasi penerus ini untuk berkarya. Jadi gak perlu ragu untuk ngeblog, terus saja menuangkan hal positif supaya menyebarkan energi baik bagi diri kita sendiri, orang disekitarnya dan juga bagi dunia.

 

      Happy blogging yaa…***NZ

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar