Rabu, 19 Agustus 2020

A Podcast by Nurida, Muncul Dari Kegelisahan Dan Solusinya


     Berawal dari kegelisahan saat pandemi, ide munculnya podcast saya. Seperti menulis lewat suara, saya tuang juga obrolan ringan bersama putri saya.

By Nur Ida Zed

Foto Dvine Adinda

    

       Siapa yang tak merasa jenuh didera situasi pandemi sepanjang ini. Semua aktifitas seolah dibatasi, karena harus beradaptasi dengan suasana Normal Baru. Mau tak mau lah yaa. Buat sebagian ibu, termasuk saya, tak sekedar harus melawan kejenuhan, tapi juga berupaya bisa mendampingi anak belajar. Karena situasi inipun berdampak langsung buat mereka, anak-anak kita, tepatnya para siswa dengan sekolah tanpa tatap muka alias di rumah saja.

     Setuju kan ya, kalau peran ibu itu dituntut untuk multitalenta ? Ya. Setiap ibu, baik yang bekerja kantoran, ibu rumah tangga, pengusaha, atau yang berkarya dari rumah,  semua saya rasa mengalami hal ini. Kebetulan saya juga aktif di kegiatan orang tua siswa di sekolah putri saya, Puan.  Jadi setidaknya begitu akrab dengan segala curhat dan keluhan, sekaligus  bisa merasakan langsung efeknya, serta mengalami kegelisahan ini. Betapa tidak ? kita jadi punya dua bahkan tiga tugas lagi karena harus mendampingi putra-putri belajar (baca: sekolah) dari rumah. Lebih intens memantau apa saja yang dilakukan mereka sepanjang hari berkaitan dengan tugas dan pelaksanaan sesuai dengan peraturan dari sekolah. Belum lagi dengan tugas sebagai ibu, kepala rumah tangga ditambah pekerjaan kita sendiri. Begitu dan begitu setiap hari.

     Tapi bagi saya semua itu tidak harus disikapi dengan rasa sedih, pesimis dan putus asa. Saya yakin Allah SWT pasti memberikan jalan terbaikNya. Percaya sepenuhnya bahwa di balik kesusahan pasti ada kemudahan dan jalan keluarnya, saya lebih melihat semua hal dari sisi positifnya saja. Dengan berkarya, berkreasi dan berinovasi sekaligus berbagi yang bisa dilakukan di manapun, dalam situasi apapun termasuk dari rumah saja. Karena itulah lalu muncul podcast saya.

 

Morning Daughter

     Saya menamai episode podcast ini dengan Morning Daughter. Konsepnya sederhana saja, mengenai obrolan ringan seorang ibu dengan putrinya yang beranjak remaja alias teenager. Segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehariannya. Banyak hal yang ingin dikupas dengan format dialog ini seperti: Enak gak enaknya sekolah dari rumah atau istilahnya PJJ- Pembelajaran Jarak Jauh, disesuaikan dengan kondisi saat ini. Saya bertanya apa yang ingin ditanyakan dari sudut pandang saya, kemudian Puan menjawab sesuai dengan sudut pandangnya. Mengalir dengan ringan saja, jujur dan terbuka. Harapannya agar bersinergi, dapat terjalin dengan baik komunikasi antar dua generasi yang berbeda.

     Selanjutnya  juga akan membahas issue yang sedang hangat berkaitan dengan mereka, seperti perlu tidaknya sarapan sebelum berangkat sekolah, seru tidaknya ikutan ekskul, penting tidaknya  masuk bimbingan belajar, seputar hobi, cita-cita, pertemanan hingga hal-hal yang intimate lainnya . Percakapan seperti ini  biasa dilakukan di pagi hari dalam sebuah interaksi bersama keluarga. Sehingga rasanya lebih enak jika dinamai dengan Morning Daughter.  


https://anchor.fm/nuridazed

 

Tips Sebagai Solusi

     Masih mengenai situasi pandemi, dalam podcast saya juga menyajikan semacam monolog yang saat ini lebih banyak memberikan solusi. Salah satunya Tips Dampingi Belajar Jarak Jauh. Sebagai orang tua saya merasa perlu lebih bijak menyikapi kondisi ini, apalagi di hadapan anak. Tak perlu insecure berlebihan karena akan berdampak juga terhadap semangat belajar mereka.

     Sengaja saya konsep dengan berbagai tips agar nantinya dapat membantu para orang tua yang mengahapi ini. Berbagai tips lain yang akan terus berkembang  dengan bermacam kondisi supaya dapat memberikan masukan yang baik, tanpa berkesan menggurui.

     Saya memang concern dan peduli dengan komunikasi antar generasi karena pemikiran mereka ini perlu dimengerti agar tidak salah mengerti. Perlunya platform seperti ini supaya saling memahami dan melengkapi antar dua generasi sehingga terjalin komunikasi positif antara satu dengan lainnya. Dengan format podcast saya merasa bisa langsung berbicara kepada pendengar karena memang yang menjadi focus adalah media suara, atau voice media.

https://anchor.fm/nuridazed/episodes/Tips-Dampingi-Pembelajaran-Jarak-Jauh-ehqhae

 

Anchor.FM dan Spotify

     Untuk membuat podcast ini saya lebih memilih aplikasi Anchor.fm dan Spotify. Alasan utamanya karena memang lebih simple dan sederhana. Tak perlu banyak properti mahal dan studio khusus bila belum terlalu fokus  dan profesional untuk membuatnya, karena bisa dilakukan dengan perangkat Handphone saja.

     Cerita awalnya saya tertarik podcast karena salah satu komunitas mengadakan kulwap bersama seorang podcaster. Saya pikir seru juga ya, tak ada salahnya mencoba karena sewaktu SMA pernah siaran radio juga, haha. Sebagai pemula sih, saran saya yang penting bersuara. Tak perlu harus disibukkan dengan pemikiran yang menyulitkan seperti bagaimana suara saya, diterima tidak oleh masyarakat dan sebagainya. Apapun yang ingin  dibagi kepada pendengar dengan satu niat baik , teruslah berkarya. Tentu saja tetap harus mempersiapkan konsep dengan matang ya, lalu lakukan.

     Sayapun begitu,  bagi saya yang penting bisa melakukan sesuatu yang positif untuk saat ini. Tak peduli orang mau mendengar atau sebaliknya. Tapi setidaknya, keinginan podcast saya ini akan bermanfaat, atau mungkin memberikan alternative untuk refreshing  bagi diri kita.  Dan seperti biasa, yang tersulit adalah konsistensi penyiarannya.

     Menurut saya sih, podcast itu  seni merangkai kata dalam suara. Di sini kita jadi lebih merdeka karena seolah dapat berinteraksi langsung dengan pendengarnya. Yupz, karena untuk menikmati podcast tak perlu harus menyisakan waktu khusus seperti membaca atau menonton film, misalnya. Tapi hanya secara audio dengan mendengarkan saja, sehingga bisa dinikmati sembari melakukan aktifitas apapun,  seperti sambil baca, kerja, makan, mandi, nyetir, bahkan menemani menjelang tidur.

     Lewat podcast ini saya ingin  urun suara, benar-benar suara yang menjawab semua kegelisahan  sekaligus memberikan  berbagai tips sebagai alternative solusinya. Semoga bermanfaat yaa.

     Silakan mendengar podcast saya. Salam sehat dan tetap semangaatt.***NZ



Tidak ada komentar:

Posting Komentar