Minggu, 14 Januari 2024

Membangun Self Awareness Agar Selalu Positif

         Memahami kesadaran diri itu penting bagi setiap orang agar selalu berpikiran positif terhadap berbagai hal, termasuk ketika melihat orang lain sukses dan bertumbuh.


                                    foto: pinterest  created by puan


        Adakalanya orang tidak mengerti dengan apa yang kita lakukan. Di saat sedang menekuni sebuah kegiatan, katakan sebagai passion yang ingin dikejar, maka ada saja penghalang, salah satunya pendapat orang lain yang kadang bisa mempengaruhi arah tujuan. Memang tak bisa dipungkiri bahwa cara pandang setiap manusia selalu berbeda antara satu dengan lainnya. 

        Pandangan kita terhadap sesuatu dipengaruhi oleh pikiran kita sendiri. Seperti ketika melihat orang lain gagal, bisa saja menjadi empati dan ingin membantu, atau malah bersyukur karena saingan menjadi berkurang. Begitu juga sebaliknya, di saat melihat orang lain sukses dan bertumbuh, maka ada yang merasa iri dan penuh kebencian kenapa keberuntungan tidak berpihak kepadanya. 

    Inilah perlunya membangun self awareness agar tidak terjebak dengan pandangan orang lain mengenai diri kita, begitupun sebaliknya, cara pandang kita terhadap orang lain. Self awareness merupakan kesadaran seseorang dalam melihat dan mengenali diri sendiri. Meningkatkan kesadaran diri dan mengembangkan potensi positif yang dimiliki. 


Bagaimana cara membangun self awareness agar selalu positif dalam memandang sesuatu?


*Belajar mengenali diri sendiri menuju kesadaran diri. Menyadari siapa kita sebenarnya sangat penting untuk membangun self awareness, termasuk tentang semua kelebihan dan kelemahan yang dimiki. Menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna membuat kita selalu optimis dalam melihat sesuatu. Termasuk di saat mengalami kegagalan dan menerima semua kekurangan yang dimiki. 

        Dengan mengenal diri sendiri maka rasa kecewa tidak akan ada lagi ketika dalam posisi terpuruk sekalipun. Memahami bahwa semua yang diinginkan ada kalanya tidak bisa terpenuhi dan merubah cara pandang terhadap segala sesuatu dengan lebih arif dan bijaksana.


*Fokus terhadap apa yang dimiliki, tanpa membandingkan dengan orang lain. Tentang semua kelebihan yang ada, sehingga selalu merasa bersyukur dan terus mengasah diri terhadap segala hal yang lebih baik. 

        Pada tujuan hidup kita, terhadap karier, bisnis dan usaha serta cita-cita dan harapan ke depannya. Jangan peduli dengan penilaian orang lain bila itu akan mendistruct dan menurunkan semangat saja. Terhadap pandangan kurang baik dan komentar negatif yang kadang muncul dari orang terdekat sekalipun. 

    Setiap manusia memiliki tolok ukur yang berbeda mengenai kesuksesan dan kebahagiaannya. Sebagai penulis dan kreator dia akan merasa puas saat bisa menuang karya serta menginspirasi orang lain yang memberikan apresiasi dengan membaca dan menikmati hasil kreativitasnya, begitu juga dengan pengusaha yang merasa bangga dengan kesuksesan ketika profit yang didapat terus menjulang. Akan berbeda saat dibandingkan satu dengan yang lain. Karena itu fokus saja pada apa yang menjadi passion kita.


*Melakukan apa yang kita suka tanpa ragu, sehingga tidak ada waktu untuk memikirkan orang lain, memberikan nilai terutama mengenai segala kesuksesan dan usahanya. Jangan pernah merasa bahwa kesuksesan itu langsung datang dari langit, tapi selalu ada usaha keras di baliknya. 

    Lebih baik berfikir bagaimana memotivasi diri untuk terus bertumbuh daripada membuang waktu buat memikirkan orang lain yang tak ada impacknya. Jadikan inspirasi saat melihat kesuksesan orang lain. lalu terus bekerja keras dan berusaha agar tujuan segera tercapai,

 

*Tak perlu bersedih saat mengalami kegagalan atau mendapatkan hal yang tidak diinginkan. Lakukan evaluasi secara rutin terhadap tindakan kita lalu teruslah mengembangkan diri tanpa memandang kesuksesan orang lain sebagai ancaman. 

        Setiap orang memiliki keberuntungan masing-masing. Yang kita punya belum tentu dimiliki orang lain. Bila mungkin ajak berkolaborasi agar saling mengenal dan sharing ilmu untuk kemudian bertumbuh bersama sebagi symbiose mutualisme.


*Meluaskan pandangan agar tidak terjebak dengan pemikiran yang sempit. Bahwa dunia ini begitu luas, Segala hal yang diberikan oleh Allah SWT sebaiknya diberdayakan agar bermanfaat dan memberikan kebahagiaan untuk kita. 

 

        Nah setelah berhasil membangun self awareness ini, maka akan merubah paradigma pemikiran serta mind set menjadi lebih baik dan selalu berpikiran positif. Senantiasa bersyukur dengan apa yang dimiliki, entah itu kelemahan dan kelebihan, sebagai paket kumplit dari Tuhan. 

        Salam sehat dan selalu semangat.**NZ 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar