Kamis, 04 Januari 2024

Camilan Manis Bikin Mood Produktif

     Di sela aktivitas, boleh dong nyemil buat nambah mood dan isi perut. Pilih yang sehat supaya tetap semangat.


                                                        foto: dokpri @nuridazed


    Selain menyehatkan badan, asupan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh tidak hanya membuat kenyang, tapi juga bisa membawa mood menjadi senang. Coba saja bayangkan, saat menyantap makanan kesukaan, pasti begitu lahap hingga membuat semangat. Tak hanya makanan berat (baca: main course) seperti nasi, sayur dan lauk pauknya, tapi juga camilan, capuluh, cabelas, eit, makanan kecil yang ringan-ringan, maksudnya. 

       Camilan alias makanan ringan yang biasa menemani saat santai bersama teman, keluarga dan sahabat ini bisa dibilang sebagai makanan dalam porsi kecil yang dinikmati di antara dua waktu makan. Jadi menurut saya semacam selingan untuk mengganjal perut agar tetap terisi dan tidak lapar. Seperti saat usai makan siang menunggu waktu makan malam di sore hari. Nah, ini pas banget, kan, its time to nyemil-nyemil, hehe.

    Biasanya camilan ini juga disediakan untuk menemani aktivitas saat bekerja. Buat saya, mungkin juga para kreator, blogger dan pekerja kreatif lain bahkan camilan ini bisa dibilang wajib. Apalagi di saat dead line dan kerjaan yang menumpuk, maka stock camilan haruslah cukup supaya bisa betah berlama-lama bekerja di depan laptop.  

 

Camilan Manis

        Untuk camilan sebenarnya banyak banget jenis yang saya suka. Ada yang sedikit berat seperti pizza, donut, martabak, bubur kacang hijau hingga snack ringan semacam kacang, popcorn dan kerupuk. Camilan kini sudah gampang didapatkan, apalagi sekarang ada ojek online yang sangat praktis dan membantu. Apapun yang kita inginkan tinggal dipilih dan dipesan saja lewat aplikasi. Kita bisa menunggu sembari tetap bekerja sampai pesanan datang. 

        Kadang saya pesan camilan ini agak banyak. Seperti saat membeli donut J-co, sengaja  membeli dua lusin karena terhitung lebih murah dari pada membeli satu lusin. Malkumlah jiwa ibu-ibu pinginnya untung melulu, hehe. Lagipula anak-anak juga suka. Jika tidak habis seketika bisa disimpan di kulkas juga. Untuk Jco paling senang toping almond dan alpukat serta  coklat tiramisu. 


        Coklat menjadi camilan favorit juga karena memang lezat dan mudah didapat. Berbagai macam makanan kecil kini bisa dibuat dari kreasi coklat. Hampir semua orang juga menyukai varian ini, karena selain manis, lumer dan enak, coklat memiliki kandungan zat feniletilamin yang dapat membangkitkan mood bahagia kita. 

        Dikala sedang sedih, susah dan kecewa, minum coklat panas akan menghilangkan gundah gulana. Manfaat lain juga mampu menyimpan energi yang cukup mengganjal perut. Tidak berbahaya untuk lambung, bahkan bermanfaat untuk jantung dan mengurangi resiko stroke. Meningkatkan daya pikir, insulin, dan baik untuk kulit karena menghambat penuaan. Daripada kopi, saya lebih penyuka coklat.


Buah Segar Lebih Sehat

        Selain camilan manis, buah segar sebenarnya juga bagus untuk makanan selingan ini. Banyak aneka buah segar yang bisa dikreasikan menjadi camilan lezat, seperti pudding buah atau salad buah. Irisan buah, atau buah yang dikupas, dicuci dan diiris begitu saja  juga tak kalah enak untuk camilan, selain bermanfaat juga buat kesehatan. 

                                                    foto: dokpri @nuridazed


    Buah segar dapat membuat pikiran dan mood kita menjadi fresh juga. Selain mengandung antioksidan dan vitamin yang cukup baik untuk tubuh kita. Kalau lagi musim buah, kadang saya stock beberapa kilo untuk dibuat jus. Lumayan hemat dan tidak susah membuatnya. Saya biasanya memilih buah yang cukup matang, biar terasa manis alaminya. 

 

Sayuran Sesekali

        Sesekali saya juga ke kafe untuk meet up atau arisan, bahkan kemarin usai rapat sekalian menunggu Puan pulang.  Lumayanlah sembari menyelesaikan tulisan, saya memilih ditemani menu makanan yang ada di Kopitagram Centang Biru di bilangan Ampera, Jakarta Selatan waktu itu. Saya memilih makanan sehat semacam Chicken Cordon Blue with Creamy Sauce karena dilengkapi dengan krim salad dan sayuran segar, serta minuman Fruity Dragon Dance alias jus buah naga.  Porsi yang cukup untuk mengganjal perut yang lapar. 

    Sampai sore saya dan Puan sekaligus membuat shorts YouTube agar tidak kehilangan momen dalam suasana makan. Menikmati sajian rendah kalori juga mencoba menu di resto ini. Agar dapat manfaat, saya share juga di YouTube Nurida . 


                                                    foto: dokpri @nuridazed


        Makan camilan yang disukai memang sangat menyenangkan ya, karena kebiasaan ini mempunyai manfaat juga bagi kesehatan tubuh. Saat nyemil sambil bekerja seraya mood booster karena dapat merubah energi hingga membuat konsentrasi menjadi lebih fokus. Namun saran saya tetaplah bijak memilih camilan sehat, entah manis atau asin sebaiknya tidak kebanyakan, apalagi makanan yang tinggi lemak dan kalori. Bisa-bisa malah jadi ngantuk nanti.  

    Dan yang terpenting, walau sesibuk apapun, sebaiknya jangan lupa makan, dan tidak membiarkan perut dalam keadaan kosong dan lapar. Pilih camilan kesukaan untuk menambah mood  supaya terus semangat dan produktif dalam berkarya.   


        Salam sehat dan selalu semangatt.***NZ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar