Kamis, 05 Januari 2023

Komunitas ISB di Era Literasi Digital

     Di era digital sekarang ini komunitas menjadi penting. Selain networking, juga sebagai tempat sharing yang saling mendukung untuk maju dan berkembang. Komunitas ISB memberi banyak arti bagi para blogger, termasuk saya.

 by. Nur Ida Zed

                                            foto: dok.pribadi

     Awal menemukan komunitas ini ketika saya mulai mengulik media sosial instagram pada masa pandemi. Waktu itu semua kegiatan seperti mati suri dan hanya diperbolehkan lewat online sehingga semua orang harus update dengan dunia baru, dunia digital dan literasi. Dari anak sekolah yang harus terbiasa belajar dari rumah, pekerja yang musti work from home (WFH) serta  begitu banyak aktivitas lain yang dibatasi demi menjaga penularan virus corona alias Covid-19 yang ternyata sudah memasuki negeri ini, dan terindikasi dari salah seorang warga yang melapor dan memberi sinyal tentang gejalanya.  

    Lalu segala macam pertemuan bisa lebih nyaman dilakukan lewat zoom meet atau google meet, begitupun saat ingin bersilaturahmi dan networking dengan komunitas, tinggal klik dan follow saja. Selanjutnya saya mulai enjoy dengan mengikuti aktivitas seperti IG live serta semacam webinar bersama konten kreator dan para blogger yang membahas berbagai tema yang lagi hangat dibicarakan. Kemudian ikutan ngobrol langsung lewat G-meet bersama Founder ISB, Teh Ani Berta bareng salah satu  keluarga penyintas covid pertama di Indonesia yang sempat viral saat itu, yakni Ratri Anindyajati dari Depok sehingga kami bisa berinteraksi dan mendapat cerita dari nara sumber mengenai apa yang sebenarnya terjadi, dan apa yang sesungguhnya dialami. Dari situ setidaknya saya merasa punya kesamaan visi, apalagi setelah terhubung di grup whatsapp yang membuat kami saling mendukung dalam berkarya.

     Sebagai Founder, Teh Ani, begitu perempuan Sunda Batak ini biasa disapa selalu memberi semangat dan terbuka mengenai ide dan masukan untuk kemajuan bersama. Dari berbagai pertemuan virtual saya bisa merasakan kegigihan dan positive vibes sosok blogger panutan yang menginspirasi. Banyak hal yang telah dilakukan sepanjang ini bersama para pendukung yang menggawangi (baca: admin) komunitas ini seperti Mbak Liswanti, Mas Ardhan dan Mas Adhe untuk para member yang ternyata tak hanya di seputaran Jabodetabek seperti saya saja, tapi juga berasal dari berbagai daerah di penjuru negeri ini. Bahkan konon ada yang pernah berdomisili di luar negeri juga. Artinya peran komunistas ini di era literasi digital semakin terasakan.

     Untuk menambah insight baru pernah berkolaborasi dengan Dandiah Care, psikolog Diah Mahmudah dan Dandy Birdy dari Bandung tentang Inner Child yang bisa berpengaruh terhadap karakter seseorang. Tentu ilmu ini sangat bermanfaat bagi pembaca blog dan diri sendiri agar lebih  mengenali sisi terdalam sebagai proses kehidupan untuk mendapatkan kebahagiaan. Selain itu, challange one day one post alias ODOP juga memberikan motivasi agar terus konsisten sebagai blogger. Dengan tema yang sudah disiapkan, kita bisa mengupas dari berbagai sisi manapun sesuai dengan cara pandang dan latar belakang masing-masing. Dengan begitu, para member jadi semakin kenal satu sama lain lewat tulisan ketika blog walking dengan meninggalkan komentar. 

       Dengan mengikuti komunitas ini banyak manfaat yang bisa didapat, terutama akan memperluas akses di berbagai kalangan sehingga tidak merasa sendirian. Selain itu juga akan memperkaya cara pandang dan wawasan maupun networking dan silaturahmi, karena member komunitas ISB ini dari berbagai kalangan usia, latar belakang kehidupan, pendidikan dan profesi. Ada yang mahasiswa, pebisnis dan pengusaha, ibu rumah tangga, pekerja, guru dan yang lainnya. Semua memiliki komitmen bagaimana mengenbangkan diri dengan menuangkan karya tulisan dalam sebuah blog. Setidaknya blog yang memberikan plus value yang akan menjadi  salah satu sarana healing maupun branding untuk bisa menghasilkan cuan. 


                                            foto: dok.pri

     Ya. Komunitas Indonesian Social Blogpreuneur - ISB yang tetap eksis hingga saat ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi para kreator digital dengan membawa energi positif, sehingga setiap blogger mampu menjadi agent of change bagi lingkungan sekitar sesuai dengan passion dan talent yang dimiliki. Ngeblog bareng komunitas akan semakin asyik dan menyenangkan bahkan dapat menjadi ladang pahala yang bermanfaat buat masyarakat luas.  

     Salam sehat dan selalu semangat. ***NZ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar