Jumat, 29 Desember 2023

Apresiasi untuk Progres Kecil Dalam Hidup

     Setiap hal kecil yang menjadi progres untuk hidup ini menurut saya patut disyukuri. Tentang apapun itu, termasuk ketika ngeblog serta bisa belajar menjadi kreator dan podcaster.


                                                Foto: dokpro @nuridazed


    Kalau boleh dibilang saya ini termasuk orang yang tidak bisa diam. Di saat menjelang liburan saja sudah banyak yang direncanakan, seperti mengikuti kegiatan komunitas ISB dengan agenda One Day One Post atau ODOP yang sangat bermanfaat agar pikiran tetap fresh dengan menulis di blog masing-masing sesuai tema yang ditentukan. Saya sudah tag anak-anak, sehingga mereka tahu di sela liburan keluarga nanti mama akan sempatkan space untuk menulis blog agar bisa tepat waktu, hehe. Maklumlah, namanya ibu-ibu, kadang suka lupa diri kalau sudah keasyikan ya, apalagi di suasana liburan yang berbarengan dengan banyaknya acara keluarga. Untung saja Teh Ani Berta bisa mengerti ini, yang penting point semua tema bisa terpenuhi, dan blog tetap produktif untuk menuangkan ide kreatif. 

   Di sela kesibukan lainnya, saya juga mulai rajin membuat konten untuk YouTube. Sejak shorts-video tayangan pendek yang saya posting di akun YouTube saya: Nurida banyak dilihat orang, membuat saya jadi ingin terus belajar di dunia kreator ini. Awalnya iseng saja membuat video sederhana, semacam aktivitas hari-hari bareng anak-anak, seperti saat berbelanja, jalan-jalan, makan atau kegiatan lain lalu dipost di shorts. Sederhana dan apa adanya, karena belum pandai mengedit nih, tapi ternyata asyik juga.

        Lalu saya tertarik untuk belajar lagi, bagaimana membuat konten yang menarik dari sisi tampilan dan isinya.  Tak segan meminta bantuan Puan, putri saya karena memang konten ini dibuat bersama, tetap mengusung tema Kolaborasi Dua Generasi antara GenMom dan GenZ. Rasanya image ini memang sudah melekat pada kami, saya; Nurida  dan Puan. Karena banyak hal yang membuat kita bisa sharing di seputar itu. 

        Saya sendiri merasa aktivitas ini sangat menyenangkan. Terlebih sebagai pemula sering mendapat informasi penting dan pencerahan dari pihak YouTube melalui e-mail secara berkala yang sangat bermanfaat. 

        Sebelumnya memang saya juga berkreasi lewat Podcast Morning Daughter yang dapat disimak di anchor.fm dan spotify. Bincang ringan dua generasi ini dapat dinikmati dan didengarkan lewat suara atau voice melalui dua aplikasi itu. Alhamdulillah sampai saat ini banyak juga atensi dari para pendengar, karena bermanfaat, menghibur dan relate dengan kehidupan mereka sehari-hari. Podcast Morning Daughter ini bahkan pernah mendapat achivement sebagai juara favorit di BicMac Award 2022, Bicara Macroprudensial dari Bank Indonesia. Dan tentu momen ini menjadi motivasi dan menambah semangat untuk terus berkarya dan tidak mungkin bisa dilupakan begitu saja. Simak di YouTube DKMP Bank Indonesia

    Untuk podcast ini juga telah mendapatkan atensi dari beberapa produk serta komunitas yang berkaitan dengan pengembangan generasi muda dan perempuan yang concern terhadap pendidikan, motivasi serta pembangunan generasi bangsa ini. Harapannya progres ini bisa terus berlanjut dan akan lebih baik lagi. Karena itulah saya mulai mengembangkannya ke konten youtube, agar inspirasi dan manfaatnya lebih banyak menjangkau ke semua pihak. Saya memakai istilah: sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Dengan membuat konsep untuk konten, saya bisa menuangkan lewat podcast, juga YouTube channel maupun blog. Karena ketiga platform ini bisa saling terkait.


Jangan Ragu Apresiasi Progresmu

     Ya. Ketika melakukan sebuah kegiatan dan aktivitas tertentu, kadang kita merasakan stag dan hanya berdiri di situ-situ saja, diam di tempat dan tak mau maju lagi. Awalnya saya juga seperti itu, karena banyak hal yang dapat mempengaruhi dinamika dalam hidup ini. Tentang tujuan hidup, target masa depan dan harapan yang lebih baik untuk kebahagiaan dan pencapaian di masa mendatang. Segala upaya mungkin sudah dilakukan, namun perasaan kok masih belum berubah juga. 

     Namun apapun yang menjadi progres dalam hidupmu, sekecil apapun itu sudah sepantasnya mendapatkan apresiasi setidaknya dari dirimu sendiri. Hal ini sangat penting agar tetap menjaga semangat dan motivasi untuk lebih berkembang lagi. 


Lalu bagaimana caranya mengembangkan progres kecil dalam hidup ini, tipsnya antara lain:


* Lakukan kegiatan apapun itu dengan menyenangkan. Tak peduli akan menghasilkan sesuai apa yang diharapkan ataupun tidak, setidaknya hatimu sudah merasa senang. Yang penting terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Ketika konsisten, bukan tidak mungkin lama kelamaan akan membuahkan hasil. Tapi jangan lupa terus berusaha dan bekerja keras agar tercapai tujuan utama. 

* Jangan ragu memberi apresiasi untuk semua progres kecil yang dialami dalam hidup. Semacam selebrasi atau penghargaan ini akan memotivasi diri dan berdapak positif serta memberikan semangat. Contoh kecil saat mendapat like atau komentar pasti akan merasa senang.

* Bergerak terus, meski jalan di tempat, asal tidak berhenti dan patah semangat. Ketika jatuh, bangkit kembali dan berdiri. Tak apa jalan perlahan supaya bisa berlari. Ibarat berenang di kolam, kita harus mengerakkan semua badan agar terus mengambang, jika hanya diam maka akan tenggelam.

* Pikirkan semua demi kebaikan, tentang kebaikan saja. Bahwa berkarya itu untuk upgrade diri dan up date agar tidak merasa tertinggal, karena hal ini sangat baik untuk kesehatan mental.   

* Syukuri semua yang sudah ada di depan mata, percayalah bahwa sesuatu pasti ada waktunya. Terus berproses, untuk progres sekecil apapun terima dengan senang hati dan rasa cinta. Jangan lupa berbagi ilmu agar senantiasa mendapat limpahan berkahNya.

    Salam sehat dan selalu semangat.**NZ

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar