Rabu, 20 Desember 2023

Privilege Untuk Prestasi

     Semua orang pasti menyukai hak istimewa atau privilege ya. Tapi untuk mendapatkan ini tentu membutuhkan proses, effort dan tanggung jawab, terlebih privilege untuk prestasi.

                                                        foto: dokpri @nuridazed

    Entah saya menamainya sebagai keberuntungan, anugerah dari Allah SWT atau apapun yang patut disyukuri ketika PPDB-Penerimaan Peserta Didik Baru alias seleksi masuk sekolah SMP dan SMA waktu itu,  Puan, putri saya diterima lewat jalur prestasi. Alhamdulillah sih, di saat teman yang lain masih disibukkan mencari sekolah dan bersaing dengan teman lain dari berbagai sekolah, dia sudah tenang karena sudah diterima di sekolah yang diinginkan. Sebagai ibu, saya tentu merasa senang karena tidak terlalu repot memantau persaingan yang begitu ketat, yang setiap saat bisa berubah dan hilang dari deretan kandidat sehingga harus mencari alternatif sekolah lain. Ini yang kata sebagian orang tua, terutama ibu-ibu semacam "horor" karena rasa dag-dig-dug dan khawatir anaknya tidak dapat sekolah yang diinginkan. Hingga seringkali beberapa teman mengatakan: "Enak ya, mama Puan sudah tenang-tenang, sementara kita masih harus berjuang". Hmm, saya memang merasa bersyukur dengan adanya privilege ini, karena putri saya memiliki prestasi, antara lain pernah meraih kemenangan di kejuaraan Taekwondo tingkat Nasiaonal dan Internasional.

    Tak mudah sebenarnya untuk mendapatkan privilege ini. Karena untuk meraih prestasi ini tentu melalui proses yang tidak instant dan asal jadi. Seperti yang pernah saya ceritakan di blog terdahulu, ujian panjang dan latihan keras, disiplin tinggi serta mental yang kuat haruslah dimiliki. Belum lagi di saat bertanding sehingga dapat mengalahkan lawan, memperoleh kemenangan dan menghasilkan medali. Proses ini yang kadang tak disadari, bahwa privilage itu seringkali musti didapatkan dengan kemampuan atau skill yang mumpuni, apalagi untuk sebuah prestasi. 

                                           foto: dok pri @nuridazed

    Beruntunglah pemerintah sekarang ini memiliki kebijakan untuk dunia pendidikan yang memperhatikan para generasi muda berprestasi dengan memberikan privilege, atau hak istimewa semacam ini ketika dia harus melanjutkan sekolah. Privilege karena prestasi tentu tidak didapat dengan mudah ya, karena dibutuhkan tahapan demi tahapan dan tempaan yang tidak semua orang bisa melakukannya. Ketika ingin mendapatkan hak istimewa ini, hendaklah terus berjuang dan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk terus up grade diri.


Apa Itu Privilege?

    Seringkali kita mendengar kata privilege, atau "enak ya dia dapat privilege" Tapi apa sih itu privilege? Privilage adalah sebuah keistimewaan berupa akses atau keuntungan yang tidak diterima atau dimiliki oleh orang lain dalam kehidupan sosial secara umum. Privilage ini bisa berdasarkan pada beberapa hal seperti jenis kelamin, agama, usia, status sosial, tingkat pendidikan, juga prestasi dan yang lainnya.

    Menurut kamus Mirriam Webster, privilege ini merupakan hak istimewa yang diberikan sebagai suatu manfaat, keuntungan atau bantuan khusus. Selain itu, juga didefinisikan sebagai kekebalan yang melekat secara khusus pada suatu posisi atau jabatan. Dan hak istimewa ini tentu menyenangkan ya, karena diinginkan oleh banyak orang. Keuntungan memiliki privilege ini bisa dirasakan manfaatnya seperti tidak perlu khawatir karena diberikan banyak kemudahan. Ketika memiliki privilege seperti yang ditentukan pada sebuah lingkungan sosial, misalnya, maka hak istimewa ini akan berpengaruh terhadap dirinya. 

 


    Pada dasarnya setiap orang memiliki privilege atau keistimewaan masing-masing, tergantung pada peruntukannya. Lihat saja ketika di jalan raya, seringkali ditemukan tulisan: khusus untuk pejalan kaki, sepeda dan lainnya. Maka ini merupakan jalur khusus yang hanya diperuntukkan bagi yang bersangkutan.  

    Privilege beauty misalnya, yang biasa disebutkan di sebuah kantor pada saat pengumuman lowongan kerja. Seringkalai ada persyaratan yang dicantumkan salah satunya: good looking. alias cantik atau keren. Ini merupakan privilage yang diperuntukkan bagi pelamar yang ingin mendapatkan posisi tertentu, seperti pada  pramugari atau model. Privilege gender biasanya mengacu pada hak istimewa berdasarkan jenis kelamin. Untuk hak istimewa gender ini, bisa menjadi sudut pandang baru yang dimungkinkan pada saat bekerja, seperti hak cuti melahirkan atau bahkan di saat menstruasi karena ini hanya dialami oleh kaum perempuan saja. 

    Banyak sekali jenis privilege yang seringkali ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Di era digital sekarang ini, bahkan ada privilege modal sosial yang berkaitan dengan media sosial yang dimiliki, seperti instagram, youtube, tiktok dan yang lainnya. Ketika seseorang memiliki banyak followers atau pengikut di media sosial, tentu akan memiliki pengaruh khusus seperti banyak relasi yang berkaitan dengan akses dan peluang yang dapat membantu menambah networking untuk mengembangkan diri.

     Orang yang punya banyak followers di media sosial biasanya punya privilege untuk menghadiri acara-acara penting, termasuk berbagai undangan yang melibatkan komunitas tertentu semacam klub olahraga,  hiburan, lembaga pendidikan, sukarelawan dan yang lainnya yang dapat menghasilkan cuan, bahkan membawa pada kesuksesan.


Positive Privilege

    Adanya berbagai privilege ini tentu banyak memberikan manfaat, karena semua fasilitas itu dapat dipergunakan untuk mempermudah dan memperlancar aktivitas. Mendapatkan beberapa peluang dan menikmati bermacam hak istimewa yang tentunya tidak dimiliki oleh sebagian orang.   

    Namun demikian, tentu saja ada positif dan negatifnya ketika seseorang memiliki privilage ini. Pesennya sih, pergunakan hak istimewa ini hanya untuk kebaikan saja, bukan sebaliknya. Satu lagi, ketika memang memiliki privilege, sebaiknya pergunakan sebagaimana mestinya, dan jangan untuk melanggar hak orang lain. Lebih baik lagi, bila privilege yang dimiliki dapat dipergunakan untuk kebaikan bersama. Setuju kan.

    Salam sehat dan selalu semangat. ***NZ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar