Jumat, 31 Juli 2020

Wedang Uwuh Minuman Favorit Saat Pandemi


     Saya suka warnanya, nuansa jingga nan mempesona. Dan hangatnya itu mampu menjadi minuman favorit keluarga di saat pandemi seperti ini.

By Nur Ida Zed


                           foto Nur Ida Zed


     Sebenarnya sudah lama saya mengenal minuman tradisional ini. Waktu kuliah di Yogyakarta dulu, ibu kost pernah menyajikannya, dan bilang kalau ini salah satu minuman khas keluarga Keraton. Jadi, ceritanya waktu Sultan Agung, Raja Mataram yang berkuasa pada jaman itu sedang mencari tempat untuk pemakaman keluarga bersama para pengawalnya di dataran tinggi Bukit Imogiri, Bantul melakukan semedi dan memantapkan hati. Nah, pada malam saat cuaca teramat dingin, Raja meminta pengawal dibuatkan wedang secang agar bisa menghangatkan badan. 

     Sembari menunggu, diletakkanlah  gelas itu di bawah pohon yang berdekatan dengan tempat semedi Sang Raja. Ternyata, tanpa disengaja kejatuhan “uwuh” atau sampah daun dan ranting yang tertiup angin dan bercampur ke dalam gelas. Tapi rupanya  justru menambah rasa nikmat dari “Si Wedang”. Buktinya,  Raja ingin dibuatkan lagi ramuan yang sama seperti malam itu. Karena itulah minuman tadi dimanakan wedang uwuh, yang bisa berarti minuman sampah, atau minuman yang kejatuhan sampah ya, haha..

    Wedang uwuh, sajian aneka rempah yang diseduh dan bisa menghangatkan tubuh itu, ternyata banyak juga khasiatnya karena dibuat dari aneka ramuan herbal warisan leluhur yang sangat menyehatkan.  Ada jahe, sereh, cengkeh, kapulaga, pala, kayumanis, kayu secang  dan gula batu. Sensasi rasa pedas manis dan aromanya yang harum begitu menyegarkan di tenggorokan. Menurut saya sih, lebih enak bila dinikmati ketika masih hangat di saat pagi, sore hari maupun malam.   

    Dalam takaran yang pas, wedang uwuh memiliki banyak manfaat seperti menyembuhkan batuk ringan, pegal-pegal, perut kembung dan masuk angin. Bahkan bisa menurunkan kolesterol, melancarkan aliran darah dan sebagai antioksidan yang baik sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

   Ketika virus Covid-19 mulai mewabah di banyak negara, termasuk Indonesia, banyak yang menyarankan agar kita mengkonsumsi minuman herbal seperti jamu, dan semacamnya untuk menambah imunitas tubuh agar tidak mudah terkena virus. Dan wedang uwuh menjadi minuman favorit keluarga saya juga  karena selain murah, mudah didapat dan bisa diracik sendiri.  

 

     Coba saja sekali-sekali dan rasakan. Yakin deh, pasti bakal ketagihan..***NZ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar