Sabtu, 19 Agustus 2023

Buku Mantra Bahagia, Ungkapan 22 Penulis Perempuan Termasuk Saya

     Bahagia itu hanya dapat dirasakan. Percayalah, setiap orang berhak bahagia. Di buku Mantra Bahagia ini 22 penulis perempuan mengungkap kebahagiaan sesuai versinya, termasuk saya.


                                                        foto: dokpri @nuridazed

     Banyak hal yang bisa ditulis mengenai rasa bahagia, terutama pada seorang perempuan. Kebahagiaan lahir dan batin tentu menjadi salah satu tujuan hidup yang selalu ingin dcapai oleh semua orang, bahkan menjadi harapan dan impian. Entah apa yang dapat dilakukan untuk mencapai dan meraih satu rasa ini, hingga membuat kita memiliki diri sendiri, merasa dihargai dan mencintai apapun yang kita punyai. 

     Ya. Banyak sudah teori yang mengungkap soal bahagia, atau kebahagiaan yang seringkali disajikan pada bermacam makalah, berbagai seminar dan juga buku. Kali ini tak hanya membaca, tapi saya juga ingin sharing pengalaman dengan apa yang saya alami mengenai bahagia yang saya rasakan di Buku Mantra Bahagia ini. 

     Saya percaya setiap orang pasti memiliki goal of life sendiri-sendiri tentang rasa bahagia ini. Ada yang dipengaruhi oleh waktu dan kesempatan, berkaitan dengan moment tertentu dan tempat kejadian, bahkan suasana hati, lingkungan sekitar, keluarga dan teman-teman. 

     Bahagia ketika bisa dengan ikhlas dan rela memaafkan, bagi yang terbelenggu dengan masa lalu yang kelam dan banyak diliputi kesalahan. Bahagia saat melihat orang lain mendapatkan kebahagiaan, merupakan tahapan yang tak mudah bagi orang yang tak pernah lelah memberikan rasa bahagia pada orang yang paling dicintainya. Bahagia manakala diberikan harapan lagi ketika telah begitu lama berikhtiar untuk mendapatkan keturunan, juga terlepas dari sakit kronis yang harus dilawan. 

     Bagi jiwa sukarelawan, makna bahagia itu lebih dari saat bisa mengabdi dan memberikan upayanya untuk membantu sesama, dengan segala resiko yang kadang harus dihadapi, meski meninggalkan keluarga sendiri. Sepercik bahagia adalah pemantik rasa yang akan memberikan dampak besar bagi kebahagiaan lain dan kebaikan yang positif pada semesta raya.


22 Penulis Perempuan

      Diterbitkan oleh Dandelion Publisher, pada Januari 2021, buku yang memiliki 168 halaman seharga 80.000 rupiah ini memang awalnya didedikasikan untuk mengingat Hari Ibu dengan menyajikan versi bahagia dari 22 penulis perempuan. Peran perempuan yang memiliki arti penting dalam menciptakan kebahagiaan dan menularkan vibe positif ini kepada semua orang.

Foto: dokpri @nuridazed

    

     Buku Mantra Bahagia ini merupakan ungkapan rasa bahagia dan bagaimana memaknai satu kebahagiaan oleh para penulis perempuan dari berbagai latar belakang, termasuk saya. Berbagai pendekatan filsafat, agama, psikologi bahkan biologi telah dilakukan untuk mendefinisikan mengenai kebahagiaan dan menemukan sumbernya. Ternyata tak hanya sekedar sebagai suatu emosi semata, tapi terkait dengan hubungan, interaksi sosial, status pernikahan, kesehatan dan pekerjaan Juga termasuk dengan kebebasan, demokrasi, rasa optimis, keterkaitan religius, penghasilan serta kedekatan dengan orang-orang bahagia lain.

       Bahagia akan muncul ketika kita sudah mengenali diri sendiri, memiliki porsi untuk menempatkan rasa bahagia itu sendiri. Bayangkan ketika tidak bahagia, apapun yang dilakukan akan menjadi tekanan dan beban yang justru akan merusak apa yang diinginkan.

    Pada intinya bahagia itu ada di sini, di dalam hati ini, dan hanya kita yang dapat menentukan takarannya. Apa yang bisa membuatmu bahagia? Coba jawab pertanyaan itu dulu. Ketika menulis atau ngeblog akan muncul energi positif yang memberikan rasa bahagia, atau memasak, traveling, melukis dan bernyanyi.   

                                                            Foto: dokpri @ednuridaz

     Oh ya, siapa yang bisa membuatmu bahagia? Support sistem dan rasa syukur kepada Allah SWT. Bahwa kata bahagia itu tak hanya bisa diraih, tapi diciptakan lewat hati yang bersih dan pola pikir serta cara pandang yang positif. Bahagia itu sederhana, begitulah mantranya.

      Salam sehat dan selalu semangat.***NZ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar