Rabu, 26 Juli 2023

Perempuan Perlu Waktu Sendiri

     Haii. Buat perempuan, me time itu perlu lho. Selain bisa rileks, pikiran butuh refresh supaya sehat secara fisik dan mental untuk kemudian siap bekerja dan berkarya lagi.


                                                    Foto: dokpri @nuridazed

     Ada penelitian yang mengatakan kalau kadar stres perempuan lebih rentan daripada laki-laki. Mungkin indikasi utama kaum kita, para perempuan ini lebih banyak menggunakan perasaan selain pikiran dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Ketemu apa sedikit dibawa keki, gak sesuai dengan keinginan keselnya sampai ke hati. Kebanyakan baper ( baca: bawa perasaan) katanya. 

   Selain itu, makhluk yang benama perempuan ini sepertinya diciptakan dengan bakat yang multitasking ya. Artinya dia biasa mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Contohnya para ibu yang bisa berperan sebagai ibu rumah tangga, pekerja, pebisnis yang seringkali dituntut menyelesaikan segala sesuatu dalam satu waktu. Saat sedang memasak, bisa sambil menerima telepon dari klien, ngecek tukang servis AC yang datang ke rumah, memastikan urusan anak-anak beres, menyiapkan kebutuhan suami dan semacamnya. Terang saja semua itu butuh effort lebih sehingga rentan dengan stres. Karenanya, me time itu perlu.


Sendiri Sejenak

     Menurut Collins Dictionary, istilah me time atau waktu untuk diri sendiri merupakan kesempatan yang diluangkan oleh seseorang untuk diri sendiri dengan melakukan hal yang menyenangkan dirinya, tanpa intervensi dan kehadiran orang lain. Sendiri sejenak, di situ bisa merenung dan introspeksi tentang apa yang sudah dilakukan dan apa yang akan dikerjakan. Atau sekedar bersenang-senang saja, santai tanpa beban dan memanjakan diri untuk memunculkan hormon endoprin yang ada dalam tubuh kita.

     Di kota besar seperti Jakarta, banyak tempat yang biasa dipergunakan untuk me time ini. Sarana umum seperti mall, tempat hiburan, cafe and resto serta taman dan perpustakaan kini sudah menjamur si setiap sisi kota. Teman saya pernah cerita, jika ingin me time ia akan pergi ke mall saja karena di sana tak hanya surga belanja, tapi juga bisa ke salon yang memiliki spa, klinik kecantikan, arena yoga dan gedung bioskop yang bisa dimanfaatkan untuk melepas penat, sendiri sejenak. 

      Ah, kalau yang itu sih, me time butuh banyak cuan ya, haha. Padahal untuk me time sebenarnya tak harus selalu mengeluarkan banyak uang. Dilakukan di rumah pun juga bisa, Saya nih kalau mau me time kadang bisa melakukannya di rumah dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Misalnya nonton serial korea atau film secara maraton di channel kesayangan Prime Video atau Netflix, kan tinggal duduk manis di depan televisi atau laptop saja. Paling ditemani cemilan atau makanan kecil yang sudah ada. Kadang juga baca buku atau novel sembari mendengarkan musik kesayangan. Begitupun ngeteh di teras sambil menikmati gemericiknya air dari kolam depan, sudah menjadi me time yang menyenangkan.

     Hal sederhana lain biasanya dengan merawat diri seperti maskeran atau creambath di rumah saja, bisa dilakukan sambil selonjoran di sofa. Bagi saya yang penting esensinya bisa menyenangkan diri sendiri dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri. Kalau perlu, sedikit waktu tanpa diganggu dengan urusan apapun, termasuk dering telepon dan notifikasi medsos sehingga jauh dari gadget alias hape. Ini penting sih agar pikiran mejadi benar-benar refresh.


Mengenali Diri Sendiri

     Di saat meluangkan waktu sendirian, di situ bisa merasakan apa yang sebenarnya kita inginkan. Makin mengerti mengenai suasana hati, dan menyadari tentang apa yang dimiliki. Manfaat me time yang bisa dirasakan adalah: lebih mengenali diri sendiri, termasuk suasana hati dan perasaan kita. Ketika sedang sendirian, yang ada di pikiran tentu bagaimana membuat hati kita bahagia dan lebih mencintai diri sendiri (self love) dengan segala kelebihan dan kekurangannya.   

    Dengan me time membuat hati menjadi lebih tenang. Setidaknya dari situ kita belajar mengerti bagaimana ketika mengalami sesuatu diluar dugaan yang membuat khawatir dan panik.    

     Sewaktu mempunyai banyak masalah atau harus menentukan pilihan, biasanya dibutuhkan waktu sendirian. Ibarat sedang menyepi, kita perlu menetapkan hati, menyendiri dan sholat istikharoh agar mendapatkan pilihan dan keputusan yang tepat.

     Me time akan membuat pikiran menjadi lebih fokus dalam melihat sesuatu. Melatih otak kita untuk memberikan mood yang baik sehingga akan memotivasi diri untuk kembali produktif dalam berkarya. Menyusun goal-goal kecil yang diniatkan untuk dicapai setiap hari. Dengan meluangkan waktu me time setiap hari, tak sekedar meningkatkan rasa percaya diri, tapi juga membatu meraih tujuan yang diinginkan. 

     Dan yang terpenting, me time mampu memunculkan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa dengan apa yang sudah kita miliki. Ibarat jeda, ini saatnya berkaca dan merasakan kebesaran Tuhan yang telah begitu banyak diberikan kepada kita sebagai berkahNya. Biasanya sekitar tiga puluh menit saja, saya berdzikir usai sholat subuh sebagai me time yang mampu memberikan kekuatan dan semangat agar dapat kembali menghadapi hari dengan hati yang lapang dan bahagia. 

     Bagaimana me time kalian? Lakukan dengan senang hati ya, agar manfaatnya bisa terasakan.     

     Salam sehat dan selalu semangat. **NZ


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar