Jumat, 09 Oktober 2020

Hilangkan Pikiran Negatif Agar Lebih Produktif


Rasa khawatir dan tidak enak hati yang berlebihan membuat pikiran tak karuan. Ubahlah menjadi hal positif agar hidupmu lebih produktif. 

By Nur Ida Zed


                                                                                    Foto. dokpri @nuridazed

 Apa sih yang seringkali membuat galau, gak enak hati dan khawatir berlebihan terhadap sesuatu hal sampai membuat pikiran tak karuan? Hmm…tentu banyak yang suka mengalami hal ini dalam kehidupan sehari-hari. Gak enak hati karena sahabat, teman kerja, saudara, pasangan bahkan anak kita.  Seringkali disebabkan masalah sepele semacam salah paham atau perbedaan cara pandang bisa membuat suasana hati dan pikiran menjadi kurang nyaman. Juga gak enak hati karena risau akan masa depan, usaha banyak kendala dan tidak lagi lancar, ditambah situasi pandemi seperti ini seolah suatu beban yang membuat kondisi di berbagai sisi menjadi tak pasti.

 Teman saya cerita, dia begitu khawatir karena tetangga sebelah di kompleks rumahnya ternyata positif corona. Padahal beberapa waktu yang lalu mereka sempat bertemu karena sebuah acara, sehingga mau tak mau jadi ekstra waspada, takut terkena juga meski saat itu sudah memakai masker dan mengikuti protokol kesehatan. Namanya juga virus tak kasat mata, katanya. Kemudian sekeluarga menyiapkan obat China, dan memikirkan untuk kemungkinan diswap juga. Hal ini tentu membuat tak enak hati. Menjadi kepikiran sampai gak enak tidur dan kurang nafsu makan yang akhirnya malah beneran mengganggu kesehatan.

 Lalu saat di kantor, teman kerja tiba-tiba seperti bersikap tak biasa ketika disapa, acuh tak acuh bahkan cenderung terkesan nyiyir dan membuat dia bertanya-tanya saya salah apa. Olala. Sampai sebegitunya ya. Padahal memelihara pikiran negatif ini akan mengundang banyak penyakit. Otak yang memproduksi hormone endorphin (baca; hormon endorfin) yang memicu perasaan senang, tenang dan bahagia jadi terganggu sehingga membuat tidak mood untuk melakukan apapun itu. Akibatnya kita menjadi apatis, pesimis dan tidak produktif.


 Nah, bila mengalami ini, saya ada beberapa saran yang dapat dilakukan, antara lain:

 Selalu Bersyukur. Pikirkan hanya tentang kebaikan saja. Tak perlu melihat keburukan  terhadap kejadian dan hal apapun itu karena hanya akan mengganggu pikiranmu. Dengan begitu, kamu akan merasa selalu bersyukur terhadap semua yang telah dianugerahkan kepadamu. Tak semua orang mendapatkan berkah seperti dirimu. Dalam menghadapi suatu masalah itu biasa, semua pasti ada jalan keluarnya, begitupun dalam bersosialisasi kadang ada kendalanya sebagai bumbu penambah rasa.

 Cari Kesibukan. Hal yang kurang baik biasanya datang ketika kita sedang kesal dan boring terhadap sesuatu. Karena itu coba cari kesibukan yang bisa membuatmu senang dan bahagia. Apa saja, seperti meluapkan hobi menyanyi, melukis atau membaca. Ini juga sering saya lakukan untuk mengatasi kejenuhan dan rasa hati yang mengganjal. Kegiatan yang positif akan menghadirkan energi positif juga untuk hati dan pikiran kita.

 Bomat Atau Lupakan Saja. Melupakan menjadi salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan rasa tidak enak ini.  Semua kejadian yang sudah dilewati dengan tidak menyenangkan itu anggap saja tidak pernah terjadi supaya tak menyisakan  beban di hati.  Mungkin memang tak mudah ya, tapi cobalah untuk sesekali memakai prinsip bomat alias bodo amat ini. Untuk hal yang tak terlalu penting tapi mengganjal di pikiran sepertinya lebih baik dilupakan.

 Bercerita Dengan Sahabat. Kalau mungkin cerita dengan sahabat, atau teman dekat agar galau di hati sedikit teratasi. Tapi ingat, jangan sampai kelewat curhat yang justru bisa menjadi berkembang dan malah membuat perkara. Kalau saya biasanya cerita curhat lewat tulisan saja, diolah untuk menjadi karya agar lebih bermanfaat dan tak menimbulkan mudharat, bahkan menghasilkan solusi untuk sahabat.

 

 Relaxing Dengan Olahraga Atau Yoga. Saran ini seringkali saya lakukan, ketika sudah merasa bosan dan gak enak hati terhadap apapun itu, bisanya tubuh dan pikiran butuh relaksasi. Yoga bisa menjadi alternativ jika mengalami ini. Tenangkan hati dan pikiran supaya lepas dan kosongkan, agar semua hal yang tak berguna hilang dengan sendirinya dan merasa plong. Atau bisa dengan bersepeda, jogging serta jalan pagi yang dapat membuat relaks sambil menikmati udara segar dan semburat sinar matahari yang dibutuhkan tubuh supaya hangat dan lebih semangat.

 

 Buatlah Diri Bahagia. Lakukan apa saja agar membuat hatimu bisa merasa bahagia. Saya biasanya bercanda dengan anak-anak, main game sesu-seruan atau nonton bersama, memasak bareng mereka atau mencicipi makanan kesukaan kami untuk mengembalikan mood lagi. Bersenang-senang sedikit itu perlu, asal tidak lalu lepas kendali. Pikirkan bahagia untuk diri sendiri, karena ini penting buat kesehatan kita,  serta keseimbangan antara jasmani dan rohani yang harus tetap terjaga.

 

 Perbanyak Doa. Agar dapat berfikir positif, kuatkan pikiran dengan ibadah dan doa. Serahkan semua kepada Yang Maha Kuasa agar hatimu tenang, ikhlas dan bahagia. Saya biasanya menyerahkan semua masalah dan cerita kepada Allah SWT lewat tahajut dan sholat malam. Tumpahkan semua kegundahan kepadaNya. InsyaAllah semua akan kembali seperti sedia kala. Hilangkan semua pikiran negatif supaya kita lebih produktif.

 Terimakasih sudah singgah di blog saya.

 Salam sehat dan selalu semangaatt…!***NZ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar