Minggu, 23 Desember 2012

New Year's Party


Sparkling New Year's Party
By Nur Ida Zuhayanti





Perayaan tahun baru kerap diwarnai dengan kemeriahan pesta. Siapkan diri Anda menjadi bagian dari suasana ini untuk menyambutnya.



Waktu yang terus saja bergulir tanpa terasa membawa kita pada penghujung akhir tahun. Begitu banyak peristiwa telah dilalui dan meninggalkan berbagai pelajaran berharga. Seperti kata orang bijak, ambillah segala yang baik dan buanglah semua yang buruk. Ya. Dalam menyambut tahun baru ini, Anda tentu ingin merayakannya bersama teman-teman, sahabat serta orang-orang terdekat. 

Memang, semarak tahun baru selalu membuat fenomena tersendiri. Di berbagai kota , perayaan pergantian tahun ini seringkali ditandai dengan kemeriahan dan keceriaan. Rasa antusias dan suka cita menjemput tahun mendatang setidaknya ditunjukkan dengan pesta menyalakan kembang api serta iring-iringan kendaraan bermotor sembari meniup terompet dari berbagai penjuru pada tepat tengah malam pukul 0:0. Karena itulah, hampir di semua tempat hiburan seperti café, hotel, club serta resort merayakan pesta ini sebagai ungkapan rasa syukur akan berkah yang telah diberikan selama setahun kemarin.

Pesta yang menjadi ciri dari perayaan ini menurut sosiolog Rosa Diniarti merupakan lifestyle yang tidak saja dipergunakan sebagai arena berkumpul dan bersuka cita. Tapi moment yang datang setahun sekali ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana mengembangkan networking untuk kebutuhan lainnya. “Pada komunitas tertentu, pesta seperti ini bahkan menjadi bagian dari gaya hidup yang dapat menunjang bisnis dan pekerjaan,“ terang sosiolog dari Universitas Indonesia ini. Lalu bagaimana mempersiapkan pesta tahun baru agar memberi kesan yang mendalam ? Berikut tips dan alternatif New Year Party yang dapat menjadi pilihan sesuai keinginan Anda.

Private Party

Pesta ini lebih mengarah pada berbagai hal yang bersifat khusus, termasuk dalam memilih tamu undangan. Menyelenggarakan pesta bersama teman kantor, misalnya, rekan sesama profesi, klien, reuni bahkan keluarga yang sudah kita kenal. Tak perlu terlalu mewah, karena selain untuk bersenang-senang, salah satu tujuannya juga membawa pada suasana kehangatan dan keakraban. Bila party jenis ini yang Anda pilih untuk tahun baru kali ini, maka yang perlu dipersiapkan adalah:

-         Tentukan tema pesta yang diadakan. Tema ini menjadi penting karena menyangkut kebersamaan dan semaraknya acara. Banyak tema yang dapat diambil, dari tema pesta topeng, romantic and sensual, full flower, tipsy dan sebagainya. Tema pesta ini akan ditunjang oleh tatanan dekorasi, lighting dan dress code yang harus dikenakan. Semakin unik dan kreatif tema yang dipilih akan semakin berkesan.

-         Lokasi. Pemilihan lokasi akan berkaitan dengan suasana yang diinginkan. Misalnya in door ataupun out door. Anda dapat pilih rumah seorang teman yang comfortable atau rumah-rumah yang memang disewakan untuk keperluan party seperti Rumah Kartanegara, serta apartemen maupun galeri. Di out door Anda dapat mengambil suasana santai di swimmingpool area atau taman. Tak perlu terlalu besar, yang penting cozy dan menyenangkan.

-         Makanan dan minuman. F&B merupakan bagian penting pada acara pesta. Tapi untuk New Year Party, ada baiknya tidak memilih jenis makanan yang terlampau berat. Snack ringan namun mengenyangkan dan minuman free flow tak terbatas akan lebih asyik untuk dinikmati. Anda dapat sesuaikan dengan tema pesta, misalnya ada cocktail, tequila serta wine.

-         Barbeque or ocean party. Dua jenis pesta ini tetap menjadi favorit karena memang dapat memberi suasana khusus yang romantis, seru dan penuh kebersamaan.
-         Siapkan games. Jangan lupa mempersiapkan aneka permainan yang dapat membuat pesta semakin meriah dan lebih berkesan. Undang beberapa teman yang mampu membawa pada suasana fun ini, dengan melibatkan semua tamu undangan.
-         Musik dan karaoke. Tak lengkap rasanya jika pesta tanpa alunan musik. Pilih jenis musik yang sesuai dengan tema pesta agar mampu membangun suasana lebih semarak. Bila perlu, karaoke akan membawa pada nuansa yang lebih intimate.
-         Dokumentasi. Persiapan ini dapat dibutuhkan untuk memberi kenangan pada moment pesta tahun baru Anda. Suatu ketika, Anda dapat dibuat tersenyum sendiri ketika mengenang suasana seru tak terlupakan yang dialami dalam pesta.

Public Party

Untuk event khusus seperti menyambut tahun baru, management hotel berbintang, resort dan tempat hiburan lain biasanya menyelenggarakan pesta yang lebih bersifat umum. Selain makanan dan minuman, juga menydiakan aneka entertainment yang menunjang, seperti mengundang public figure atau artis ternama. Anda dapat ikut bergabung bersama untuk memeriahkan acara tahun baru tanpa harus repot-repot memikirkan segala sesuatunya. Untuk itu yang perlu dipersiapkan antara lain:
-         Pilih tema sesuai dengan Anda. Di beberapa tempat akan banyak ditawarkan acara pesta dalam rangka menyambut tahun baru, seperti Old and New Package. Cermati dulu sebelum memutuskan untuk bergabung agar Anda dapat menikmati pesta hingga usai. Tanyakan kepada pihak informasi mengenai detail acara sebelum Anda memilih tema sesuai dengan selera. Jangan sampai nanti kecewa hingga sepanjang pesta hanya akan terasa menyebalkan. 

-         Reservation. Sadarilah bahwa acara tahun baru selalu diminati oleh banyak orang, sehingga Anda perlu memesan tempat jauh hari sebelumnya agar tidak kehabisan seat. Boleh saja langsung datang untuk bergabung, tapi jangan marah bila ditolak karena sudah full reservation.
-         Ikuti Peraturan. Karena Anda bergabung, maka sebaiknya ikuti aturan yang sudah direncanakan oleh penyelenggara acara dengan baik. Misalnya harus mengenakan dress code tertentu, harus datang dengan pasangan atau hal lain untuk menunjang semaraknya pesta.
-         Tetap kontrol diri. Meski pesta ini kadang diwarnai dengan kegilaan, seperti sedikit mabuk, namun usahakan agar Anda tetap dapat menguasai diri dan jangan sampai lepas kontrol sehingga akan merugikan diri sendiri. Nah, selamat berpesta. Enjoy your sparkling New Year Party and all the best to you.***NZ
foto-foto:istimewa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar