Kamis, 28 Maret 2013

Rumah Memes: Cozy and Elegant


Cozy and Elegant
By Nur Ida Zuhayanti







Improvisasi yang selaras diwujudkan Memes untuk desain rumah tinggalnya. Dalam nuansa off white, suasana cozy semakin terasa.


     Bak alunan nada yang mengalir merdu di telinga, begitu pulalah agaknya penyanyi cantik dan bintang iklan ini berekspresi lewat hunian bagi keluarganya. Harmonisasi yang tercipta antara bangunan dan lingkungan eksklusif yang ditempati seolah sebuah partitur yang banyak memberikan kenyamanan di dalamnya. Memilih town house bergaya neo klasik nan elegant, pasangan Memes dan sang suami, composer handal Addie MS itu mengemas ruang demi ruang sesuai dengan selera pribadinya. Lokasi yang mudah dijangkau dan jauh dari polusi menjadi pertimbangannya tersendiri. “Kita memutuskan tinggal di sini selain fasilitas dan safety juga karena ketenangannya” terang pemilik nama lengkap Meidyana Maemunah Adisaputra ini.

     Tampak depan bangunan dua lantai seluas 480m2 yang berdiri di atas tanah 500 m2 itu terlihat kokoh dan menawan. Aksen jendela kaca dan balkon di atasnya memberi kesan apik yang meneduhkan. Terinspirasi oleh keberadaan hotel berbintang yang sering dikunjungi, Memespun ingin menuang suasana cozy itu untuk rumah keduanya. “Saya dan Mas Addie suka desain yang simple modern, karena itu kita menerapkannya untuk beberapa sisi,” lanjut penyuka olah raga yang pernah hit dengan album bertajuk “Pesawatku” ini mengenai hunian yang telah ditempati sejak tahun 1998 itu.

     Benar saja. Kehangatan begitu terasa manakala memasuki halaman rumah bernuansa putih dengan konsep taman di kawasan Pondok Labu Garden, Jakarta Selatan pagi itu. Kesejukan langsung menyentuh karena hijaunya pepohonan yang tertata rapi di taman depan yang dibuat terbuka. Deretan pohon bambu kecil yang rimbun segar menghiasi sisi depan itu seakan menjadi semacam pagar hidup yang membuat beda dengan rumah-rumah lainnya.

     Begitu membuka pintu berbahan kayu berhias fung ling (baca: klintingan angin) itu, sebuah meja pajang yang didesain khusus memberi sentuhan manis di area depan ini. Handicraft berupa sepasang patung wayang dan lilin-lilin cantik yang diletakkan di atasnya seolah menyambut kedatangan saya. Begitupun lukisan abstrak yang dipajang dengan pencahayaan di atasnya, menyiratkan pada sang pemilik yang apresiatif terhadap karya seni. Dua patung bebek yang berdiri di lantai marmer itupun menambah kesan uniknya.

     Area pajang ini membawa pada ruang tamu di sisi lainnya. Sofa cantik bernuansa off white dari Vinotti yang dilengkapi bantal-bantal empuk warna senada memberi sentuhan elegan di area ini. Cermin besar bembingkai dan gorden panjang yang diatur rapi mampu menambah pesonanya. Lukisan penari Bali goresan Sarjito dari Pulau Dewata yang dipasang di sisi dinding itu memberi sentuhan nilai artistiknya. Dengan pencahayaan yang selaras dan pengaturan air conditioner yang stabil membuat area ini terasa eksklusif dan menyenangkan.

Area Sentral yang Nyaman
     Menuju ke bagian dalam merupakan living room yang menjadi area sentral di dalam rumah. Di ruangan yang cukup luas ini Memes menempatkan sofa bernuansa natural dengan desain modern serta lemari televisi yang sekaligus digunakan untuk meletakkan souvenir berupa boneka-boneka kecil berpasangan dari berbagai negara yang pernah disinggahi seperti Belanda, Brazil, Korea, India dan Rusia serta satu set buku Ensiclopedia Americana. Di sisi lain ditempatkan grand piano merk Yamaha yang menjadi pojok favorit keluarga. Kali ini lukisan dengan tehnik mozaik bertema perempuan Bali menjadi pelengkap keindahannya. “Sebenarnya saya menyukai lukisan. Cuma masih belum punya waktu untuk hunting secara khusus,” terang ibu dari Kevin Aprilio dan Tristan Juliano ini.

     Dibatasi oleh meja pajang yang berhias lilin-lilin antik serta patung ayam, Memes menempatkan dinning room di sebelahnya. Satu set meja makan bergaya modern dengan enam kursi tertata bersama piring-piring cantik dan kesegaran bunga. Lampu cantik yang menggantung di atasnya merupakan pelengkap yang selaras dengan tema. Pantry berdesain modern dalam nuansa broken white yang luas di sampingnya itu adalah bagian dari ruang makan ini. Meja marmer berbentuk bundar di tengah pantry menjadi aksen yang multifungsi.

     Dari area ini kita dapat menuju kolam renang keluarga yang dibatasi oleh deretan pintu kaca yang panjang. Bila diperlukan, keseluruhan pintu ini dapat dibuka sehingga menjadi area barbeque party yang menyenangkan. Dalam balutan terakota pada lantai, nuansa biru bening dan segarnya air semakin terasa. Didesain bergaya tropis lengkap dengan air mancur dan kursi kolam, ruang terbuka yang dihiasi batu-batu kali dan palimanan ini membawa kesan alaminya.

Tangga ke Area Prifacy
     Dari living room tadi kita dapat menjumpai tangga menuju ke area privacy di lantai dua. Tatanan tangga dibuat cantik seolah sebagai point of interest dengan aksen ukiran besi tempa bernuansa hijau pekat yang selaras dengan dinding di sisinya. Pada dinding itu dipanjang deretan foto-foto keluarga yang memiliki banyak cerita dan mampu menjadi art work dengan bantuan pencahayaan yang sempurna. “Tadinya sih mau dipajang bebagai lukisan, tapi  foto-foto rasanya juga sudah mewakili,” jelas lulusan Teknik Sipil ini lagi.

     Lantai dua menjadi area privacy sekaligus refreshment bagi keluarga ini karena difungsikan sebagai ruang keluarga dengan mini library, arena bilyard dan fitness room. Selain itu juga terdapat ruang wardrobe dan kamar Kevin serta Tristan. Memes menyerahkan desain kamar anak sesuai dengan keinginan mereka. Setiap kamar dilengkapi keyboard agar bisa mengekspresikan keinginan bermusiknya.

    Dari lantai dua ini kita juga dapat menjumpai balkon dengan view kawasan kompleks dan kolam renangnya yang sangat nyaman. Bila sore datang menjelang, penyuka lagu-lagu jazzy dan R&B ini biasa duduk-duduk santai atau bercengkrama menunggu malam sembari menemani sang suami menghisap cerutu. Hm…suasana romantis ini yang selalu dijaga agar tak lekang oleh waktu. Ya. Dan rumah bagi pasangan ini merupakan tempat berkumpul bersama keluarga, yang dapat memberikan keteduhan, kenyamanan dan kedamaian bagi jiwa raga sehingga mampu menghadirkan inspirasi untuk karya-karya cemerlang.***NZ

 
Q & A 
Area favorit di dalam rumah ?
Sebenarnya semua ruang bisa dibilang favorit. Cuma memang lebih sering di living room, apalagi kalau bareng keluarga. Selain bisa nonton TV, juga dekat dengan ruang makan dan punya view ke kolam renang family.

Angle grand piano ?
Karena kita ini suka musik dan semua bisa main piano, maka grand piano diletakkan di situ untuk melengkapi. Kalau pas lagi ngumpul bareng, ada temen atau acara party dan mau main piano, kan asyik tuh, denting suaranya jadi bisa lepas, hahaha...

Furniture dan interior bagaimana ?
Saya pilih yang berkwalitas dengan desain yang selaras. Kalau fanatik dengan produk tertentu sih tidak. Seperti meja dan lemari susun itu saya pesan khusus. Untuk sofa dan lainnya dari Vinotti atau Home D├ęcor. Tapi kadang kalau lagi jalan-jalan atau lihat pameran sama Mas Addie dan ada yang cocok, ya kita beli.

Menyukai lantai marmer ?
Kecuali kamar anak yang menggunakan parket, semua lantai memang menggunakan marmer. Selain selaras dengan konsep rumah, marmer rasanya lebih alami dan dinginnya enak. Meski perawatannya agak ribet, perlu cairan khusus, tapi sejauh ini tidak masalah.

Tips merawat rumah ?
Rumah tidak perlu harus mewah dan megah, yang penting nyaman dan selalu dijaga kebersihan dan kerapiannya. Beri sentuhan bunga-bunga hidup untuk nuasa segar di dalam ruangan. Agar tidak merasa bosan, bisa pakai cara nik-nak dengan ganti cover sofa atau ganti warna dinding dan kembali menata interiornya. ***NZ
foto-foto: Dibal Ranuh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar