Jumat, 27 November 2020

Update Diri Dengan Kolaborasi


        Setiap manusia tentu punya harapan dan cita-cita. Namun ketika kenyataan tak sesuai asa, yakinlah pasti ada jalan keluarnya. 


                                                                                                Foto dokpri @nuridazed

        Saya sangat percaya bahwa Allah SWT yang paling tahu dengan apa yang kita butuhkan, bukan sekadar yang diinginkan. Begitupun terhadap jalan hidup seseorang, termasuk semua keinginan dan cita-cita. Meski kadang harus berliku, melewati berbagai tantangan dan kendala, Dia pasti telah merencanakan yang terbaik untuk kita.

         Ya. Buat saya cita-cita merupakan keinginan serta harapan yang musti diraih dan dikejar dengan berbagai usaha. Ketika kecil saya pernah berkeinginan untuk menjadi ahli hukum, karena melihat sosok hakim yang begitu anggun dan berwibawa saat memutuskan perkara demi menegakkan keadilan. Lalu ingin menjadi diplomat supaya dapat membawa nama bangsa Indonesia di kancah dunia, pernah mau menjadi psikolog agar dapat membantu memecahkan masalah orang banyak, sebelum kemudian lebih tertarik menjadi  jurnalis atau  penulis  hingga sekarang.   

        Seorang penulis menurut saya memiliki dedikasi tinggi dalam menyunting berita dan menuangkan tulisan lewat karya-karya. Dan asyiknya karena bisa berbagi juga dengan banyak orang, mengemukakan ide, gagasan dan pemikiran lewat cara pandang.  Bila mungkin dapat menginspirasi dan membuka wawasan bagi siapapun serta memberikan jalan keluar.  Dengan goresan seorang penulis dapat melukiskan cakrawala, bahkan sanggup merubah dunia. Betapa hebatnya, karena memiliki kebebasan yang bertanggung jawab atas hasil karya.

         Untuk meraih asa tentu tidaklah mudah, butuh proses panjang dan berbagai kendala yang musti ditaklukkan. Tak bisa secara instan seperti membalikkan telapak tangan. Beberapa fase dan tahapan yang ada di depan mata satu demi satu hendaknya diselesaikan, sebagai jalan hidup yang mengalir agar senantiasa dapat mendewasakan, termasuk ketika mengalami kegagalan, atau menghadapi  kondisi  tidak seperti yang direncanakan.

 

Akan  Selalu  Ada Jalan       

         Ya, saya masih ingat ketika beberapa tahun lalu seorang teman mengeluhkan anaknya tidak bisa masuk SMA favorit sehingga harus rela memilih sekolah yang biasa-biasa saja. Padahal menurutnya nilai si anak tak terlalu rendah dan optimis bisa diterima. Namun sayangnya saat bersaing dan beradu strategi dengan yang lain, rupanya harus terpental juga. Betapa sangat kecewa ia waktu itu, karena sebelumnya sudah begitu matang dipersiapakan, dengan mengikuti bimbingan belajar juga. Belum lagi keinginan yang begitu besar untuk bisa diterima di sekolah favorit sudah banyak diutarakan pada teman-temannya. Tapi yang namanya takdir, hanya Tuhan yang punya kuasa.

         Kekecewaanya sampai membuat hampir putus asa. Untungnya hal ini  justru membuat si anak introspeksi dan semakin berusaha keras untuk belajar agar bisa terus berprestasi di tempat baru. Sampai saat kelulusan, ternyata malah bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri ternama lewat jalur undangan.

         “Alhamdulillah, semua ada hikmahnya, ya,” kata teman saya ketika kami bertemu beberapa waktu lalu. Kalau saja saat itu diterima di SMA favorit, mungkin sekarang ini masih bingung mencari perguruan tinggi negeri karena lebih susah bersaing lewat jalur undangan di sekolahnya, sebab banyak anak lebih pintar di sana. Itulah, percaya bahwa Allah SWT tentu lebih mengetahui mana yang terbaik buat kita, hanya kadang kita yang tidak menyadari dengan jalan indah yang akan diberikanNya.

         Dalam hidup, semua memang penuh rahasia. Seringkali apa yang kita inginkan dan sudah direncanakan tak sesuai dengan kenyataan yang harus dihadapi. Tetapi jangan dulu berburuk sangka, tak ada yang sia-sia dan tak berguna sebab kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Sebagai manusia, yang utama  harus terus berusaha.

  

Update Diri Dengan Kolaborasi

         Banyak hal yang dapat dilakukan ketika menghadapi kendala bahkan kegagalan. Ada baiknya mengupdate diri dengan berkolabori.  Saya ingat kalimat bijak yang mengatakan bahwa, jangan pantang menyerah karena bisa jadi satu langkah lagi ada jalan yang lapang untukmu. Begitulah, semangat agar dalam meraih sesuatu sebenarnya dibutuhkan ketekunan dan sunguh-sungguh. Teruslah mengupdate diri, siapa tahu ada peluang di tempat lain.

        Saran saya, nikmati dan jalani semua dengan suka cita. Bila mungkin, cari hikmahnya untuk kemudian menjalani yang terbaik.  Seperti yang dikatakan Bob Sadino setelah akhirnya menjadi pengusaha sukses, kalau mau berhasil carilah kegagalan sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, akan banyak  pula  pelajaran yang bisa diambil dan membuat semakin kuat menerima segala tempaan.

         Di zaman sekarang ini rasanya tak ada lagi kata kegagalan bila dimaknai sebagai sebuah proses perjalanan. Begitu banyak hal dapat dilakukan untuk memenuhi keinginan mengupdate diri dengan berkolaborasi, dan berbagai  peluang seolah terbuka bila berniat baik untuk bekerjasama serta bersinergi.  

         Kembali pada kata pepatah, gapailah cita-citamu setinggi langit, bila tak kesampaian meraihnya, setidaknya dapat bersandar pada bulan, atau terlempar di antara bintang-bintang. Karena itu bila merasa belum dapat mencapai tujuan yang dikehendaki, bersandarlah pada kesabaran dan ketekunan yang ada, percayalah bahwa semua pasti ada hikmahnya. Suatu ketika jalan yang lebar akan selalu terbuka.

         Terimakasih sudah singgah di blog saya,

         Salam sehat dan selalu semangaatt..!!***NZ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar