Senin, 17 November 2014

Keep Healthy with Happy Soya Oil




Let’s “Start Soya Culture Today”
By Nur Ida Zuhayanti 


Tinggal di kota besar memang memiliki banyak pilihan. Karenanya, kita musti bijak dengan memulai gaya hidup sehat.  


     Ya, kesehatan itu mahal harganya lho. Bayangin aja, bila sedang tidak sehat, maka apapun yang dikerjakan tentu tidak maksimal. Apalagi bagi kita, kaum perempuan, terutama yang bekerja sekaligus ibu rumah tangga. Efek sehat tak sekedar kurang produktif, tapi juga bisa berpengaruh terhadap kecantikan jiwa dan raga. Sebab ketika sakit akan terlihat pucat dan tidak bergairah, sehingga perlu ke dokter dan butuh biaya ekstra. 

     Namun demikian, menjaga kesehatan memang tidak mudah. Berbagai penyakit bisa saja menghampiri tanpa disadari. Selain faktor resiko, banyak penyebab yang justru datang karena diri kita sendiri. Nah lho. Contoh kecilnya karena kebiasaan kita mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, semacam junk food, gorengan, juga mie instan. Jenis makanan ini begitu akrab ditemui sehari-hari karena terbilang enak dan praktis sebagai ‘pengganjal perut’ di saat lapar. 

     Padahal, bila keseringan bisa menimbulkan timbunan lemak jenuh yang akan mengganggu peredaran darah dan memacu penyakit  jantung, stroke, kardiovaskuler, bahkan kanker. Untuk itu kita perlu mencermati bahan baku makanan yang dikonsumsi, seperti dengan memakai Happy Soya Oil yang terbuat dari 100% kacang kedelai murni.


Mengapa Harus Soya? 

      Pada kenyataannya soya (baca: kacang soya) atau kedelai  mengandung senyawa yang disebut isoflavon yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan lho. Senyawa ini mampu berfungsi sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan sel dan memperbaikinya dari kejahatan polusi dan sinar matahari yang sering kita jumpai.

     Selain itu  protein dan isoflavon yang ada pada kedelai ini dapat mengurangi kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh dan menurunkan kemungkinan pembekuan darah, sehingga  mampu  mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Isoflavon juga bertindak sebagai agen anti kanker yang dapat melawan sel-sel kanker dan melindungi  tubuh kita dari  kanker hormon, seperti kanker rahim dan payudara yang menjadi momok bagi perempuan.

     Menurut penelitian para ahli, soya atau kedelai membantu menunda aksi estrogen alami tubuh, yang dapat mengurangi dan mencegah rasa sakit selama menstruasi. Dan isoflavon pada kedelai ini juga membantu mengatur estrogen tersebut sehingga dapat mengurangi hot flushes atau demam yang berlebihan pada perempuan di usia menapouse.

     Hebatnya lagi, protein kedelai berfungsi membantu penyerapan kalsium dalam tulang dengan lebih baik. Karenanya, isoflavon dalam makanan dari kedelai dapat memperlambat kehilangan tulang, menghambat kerusakan sehingga mampu mencegah osteoporosis yang seringkali dikeluhkan oleh perempuan. 

     Begitu banyak manfaat dan kegunaan dari soya atau kedelai ini, sehingga para ahli gizi dan nutrisi sering menyarankan diet sehat dengan menambah asupan protein nabati sebagai pengganti protein hewani yang cenderung mengandung lemak jahat. Salah satu caranya dengan mulai membudayakan makanan berbahan soya pada pola makan untuk keluarga. 


Soya Untuk Keluarga

     Sebenarnya banyak sekali jenis makanan berbahan soya yang dapat dinikmati.  Tak hanya susu, tempe dan tahu, kecap serta jenis makanan lain yang dibuat khusus dari kacang-kacangan yang berasal dari Asia Timur ini. Kini, hampir semua jenis makanan dapat dikreasikan dengan bahan baku soya. 

     PT.Indofood Tbk. bahkan sudah memproduksi Happy Soya Oil, yang terbuat dari 100% kacang kedelai murni yang dapat diaplikasikan untuk berbagai sajian masakan sehat bagi keluarga. Kaya akan vitamin E yang dibutuhkan dalam proses peremajaan kulit, antioksidan serta Omega 3 dan Omega 6 yang berfungsi mengurangi kadar kolesterol dalam darah, juga mencegah kanker. Memiliki kandungan asam lemak tak jenuh hingga 85% dan asam lemak tak jenuh ganda 62% yang sangat baik dan aman bagi tubuh kita. Diproses dengan tehnologi modern yang higienis sehingga tidak menghilangkan rasa maupun aroma alami pada masakan, dan yang jelas  akan menambah kelezatannya. 

     Happy Soya Oil ini mempunyai gerakan yang disebut “Start Soya Culture Today” yang bertujuan agar keluarga kita tetap terjaga kesehatannya. Antara lain,

·                Konsumsi Makanan Berbahan Dasar Soya. Pikirkan manfaatnya, sehingga kita tidak  ragu lagi   untuk menerapkan budaya ini bagi  keluarga.
·         Rencanakan Menu Soya Anda. Tak harus setiap hari, kok. Dua hingga empat porsi makanan berbahan dasar soya dalam seminggu cukup baik untuk konsumsi tubuh kita. Buatlah variasi menu agar tidak membosankan.
·         Masak Sehat dengan Happy Soya Oil. Menggoreng dan menumis dengan Happy Soya Oil membuat kita tidak khawatir. Tentu saja, karena selain sehat, Happy Soya Oil memberi rasa dan aroma alami pada semua jenis masakan yang kita suka.  
·         Kontrol Lemak Jenuh dengan Soya. Caranya: ganti mentega dan margarin biasa dengan Happy Soya Oil untuk makanan dan camilan favorit keluarga. Saya pun suka membuatkan salad buah kiwi kesukaan Puan, anak perempuan saya dengan Happy Soya Oil.

Nah, mudah kan. Menurut saya sih, menjalani pola hidup sehat merupakan investasi kita untuk masa depan. Jangan lupa selalu berfikir positif, dan seimbangkan dengan olah raga.   Mensana en corpore sano. So, Lets “Start Culture Soya Today”.***NZ   
foto-foto:Revin Ananda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar